Jumat, 07 Desember 2012

Penyakit Hamster dan juga pengobatannya.

 Hy,,, HamsterLovers,, sorry ya udah lama banget kita tidak bertemu di karenakan padatnya aktivitas saya. Sekarang saya akan membuat artikel tentang penyakit pada hamster dan cara pengobatannya. Mari kita bahas.
Jamur pada Hamster
penyakit ini memang terlihat sepele tetapi dampaknya buruk pada hamster. Jamur ini biasa paling mudah menyerang hamster berjenis syrian, jamur ini terjadi karena suhu yang lembab pada aquarium atau kandang hamster. Pencegahan dapat kita lakukan dengan cara membersihkan aquarium atau kandang maksimal 5 hari sekali agar tempat bersih, tidak bau, dan juga bebas dari jamur. Biasanya jamur ini terjadi karena pemlik yang malas membersihkan kandang atau aquarium  untuk tempat inggal hamster.
Contoh gambar hamster yang terkena jamur :
Biasanya jamur ini tumbuh di telinga tetapi dapat juga tumbuh di kelamin hamster, wajah dan di tubuh hamster. Penyakit ini membuat hamster terlihat buruk karena penampilan seperti ini.




cara mengobati jamur ini dapat menggunakan krim atau gel untuk jamur seperti ini:












Dapat juga menggunakan Oli seperti ini:
biasanya dengan oli lebbih cepat hilang karena oli panas dan bulu hamster untuk beberapa lama akan terlihat buruk akan tetapi nanti akan kembali normal seperti dulu. cara penggunaanya oleskan oli atau gel pada hamster di bagian yang terkena jamur. jamur ini jika tidak di obati dapat bertambah parah makin lama bagian yang terkena jamur akan mengeras dan dapat membunuh hamster secara perlahan, jadi sebaiknya langsung di obati.
Hamster Flu
Hamster dapat terkena flu dapat di sebabkan oleh lembabnya suhu, atau ketika anda sang pemilik memainkan hamster saat anda sakit flu makan hamster anda dapat tertular. Cara pencegahannya sudah pasti memastikan serbuk kayu kering tidak lembab dan jika anda sedang sakit flu di anjurkan tidak memegang hamster anda karena hamster dapat tertular. Hamster yang sedang flu dapat di beri susu hangat dan susu ini harus di ganti agar tidak basi.
Hamster ekor basah atau wet tail
Ekor basah atau wet tail ini di sebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat mengakibatkan diare yang parah. Penyebab utama penyakit ini adalah hamster yang stress atau tidak seimbangnya diet pada hamster. Stress di akibatkan karena perjalanan yang jauh dari pet shop menuju rumah atau banyak suara bising sehingga membuat hamster stress. ini adalah gambar hamster yang terkena ekor basah atau wet tail:

Hamster yang sedang sakit seperti ini biasanya bergerak lamban nafsu makan berkurang .
Saya menganjurkan agar hamster di bawa ke dokter hewan yang biasanya menangani hewan kecil yang akrab di panggil "Vet" biasanya vet akan memberikan obat antibiotik seperti Metrodazole POM obat ini sangat ampuh untuk hamster yang sakit perut dan ekor basah.
Urine Merah
Urine yang bewarna merah biasa di sebabkan oleh makanan. Jika anda melihat urine hamster anda berwarna merah, langkah pertama yang baik di gunakan adalah dengan memeriksa penyebabnya jika berasal dari makanan kita dapat mengganti makanan dengan kemasan yang lain.
nah sekian dulu ya penyakit hamster berikutnya akan di posting besok silahkan menunggu ya.
Jika ada pertanyaan atau request seputar hamster dapat menghubungi: (022) 085722113737
atau aad pin BB saya 2843B24F. sekian bye.

1 komentar:

  1. mas mau tanya apa wet tail dapat di sembuhkhan ngak?
    nama krim atau gelnya itu mas untuk menghilangkan jamur di telinga pada hamster syrian long hair

    BalasHapus